Follow Me @istisoed

February 11, 2017

Makna Karang Taruna dalam Berbagai Hal

Makna Karang Taruna dalam Berbagai Hal - Setiap desa, selalu terdapat banyak organisasi didalamnya. Dari mulai organisasi yang didalamnya beranggotakan bapak-bapak, ibu-ibu atau biasa disebut dengan PKK juga organisasi yang didominasi para remaja.
Dalam artikel ini, admin akan membahas sedikit tentang organisasi remaja dalam bermasyarakat, organisasi ini kerap kali disebut dengan Karang Taruna. 
Karang Taruna sendiri menurut Wikipedia merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa / Kelurahan atau komunitas sosial sederajat, yang terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial. Jadi, Karang Taruna merupakan salah satu wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan potensi apapun dalam dirinya sekaligus wadah untuk menumbuhkan rasa gemar bersosialisasi dalam masyarakat sekitarnya.

Apa saja yang bisa kita lakukan di karang taruna?

Sesuai dengan pengertiannya, kita sebagai generasi muda, bebas untuk menyuarakan pendapat dan ide kreatif di Karang Taruna. Agar lebih mudah dimengerti, admin akan meringkas itu semua dalam poin-poin dibawah ini.
  • Tempat kita mengeluarkan ide.
  • Tempat kita mengembangkan potensi diri.
  • Tempat kita bersosialisasi.

Tempat kita mengeluarkan ide.

Setiap remaja pastilah memiliki ide-ide dalam berbagai hal, entah itu ide yang memang berasal dari pemikirannya yang kritis maupun dari pemikiran konyol khas remaja. Dalam organisasi Karang Taruna, kita sebagai anggota bebas untuk menyuarakan uneg-uneg dalam pikiran kita. Tujuannya adalah agar ide tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan anggota lain untuk selebihnya akan dikembangkan menjadi kegiatan positif, jadi jangan takut untuk menyuarakan ide kalian, jikapun ide yang kalian keluarkan itu konyol, paling ekstrim itu akan ditertawakan oleh anggota lain. Tapi tidak apa-apa, sungguh!! Anggap saja itu adalah salah satu tindakan humor agar dalam berorganisasi tidak membosankan.

Tempat kita mengembangkan potensi diri.

Setelah kita berani mengeluarkan ide atau pemikiran kita, tentunya jika ide tersebut diterima oleh anggota lain, kita harus teguh dalam menjalankannya. Anggap itu sebagai tanggung jawab sekaligus untuk mengasah kemampuan kita.

Tempat kita bersosialisasi.

Berbagai organisasi menawarkan kita tujuan bersosialisasi, namun dalam organisasi karang taruna kita akan disuguhkan dengan tujuan yang lebih spesifik, yaitu adalah tujuan bersosialisasi kepada masyarakat di desa kita sendiri.
Kenapa harus bersosialisasi di masyarakat?

Setiap warga desa, wajiblah kita hidup rukun dan gotong royong agar tercipta desa yang rukun dan sejahtera. Sebagai remaja yang kritis pemikirannya, akan sangat menguntungkan jika kita mengambil bagian dalam lingkup bermasyarakat, salah satunya dengan mengikuti kegiatan karang taruna. Hal itu menguntungkan karena kita akan lebih tahu potensi-potensi yang dimiliki alam/desa maupun masyarakat yang tinggal didalamnya, dengan begitu kita akan bisa menggali lebih banyak lagi ide untuk kemudian dikembangkan bersama anggota karang taruna lain dan menjadi salah satu sumber kesejahteraan masyarakat desa.
Bukankah tinggal di desa yang potensi alamnya tergali dan masyarakat yang potensial akan membuat kita lebih nyaman dalam bermasyarakat?

Nah itu tadi tentang pentingnya karang taruna dalam lingkungan masyarakat. Semoga bermanfaat.

Salam,
FORUM MUDA MUDI TLOBONG DESA KARANG, DELANGGU

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.